Jumat, 20 Mei 2011

ETIKA LINGKUNGAN SEKITAR (taman dengan batu pijak)

Hallo sobat!! 

     Kali ini kami akan membahas mengenai  tatakrama terhadap lingkungan sekitar. Pembahasannya akan kami akan kami tinjau dari segi etika yang ada di lingkungan sekitar sekolah. Karena, dengan adaya sekolah kita bisa mengetahui berbagai ilmu pengetahuan secara lebih rinci atau mendalam.  Sekolah berwawasan lingkungan mestinya sudah wajib diterapkan oleh semua sekolah yang ada di dunia. Karena tanpa adanya pedoman itu, bagaimana generasi penerus kita bisa menjaga alam sekitar dengan cara yang sesuai dengan aturan serta etika yang ada. Sebagai sekolah yang berwawasan lingkungan, SMAN 11 Garut menerapkan suatu sistem yang biasa kami sebut dengan “jangan menginjak rumput di taman”, nah,, sobat!! Kalian mau tau bagaimana kondisi taman sekolah kami yang sudah menerapkan sistem tadi??,, ini dia...

Taman dengan batu pijak( sumber : dokumentasi penulis)
Taman SMAN 11 Garut (sumber : dokumentasi penulis)
Taman dengan batu pijak (sumber : dokumentasi penulis)
Pengefisienan waktu (sumber : dokumentasi penulis)


     Terlihat dengan jelas, di dalam foto- foto tersebut terdapat gambar beberapa batu pipih dipotong membujur yang menghubungan beberapa lokasi atau ruangan yang cukup berjauhan. Maka, selain untuk menerapkan etika lingkungan kami juga secara tidak langsung telah mengefisienkan waktu bagi warga masyarakat SMAN 11 Garut yang akan melaksanakan tugasnya. Dengan kata lain, sekolah kami menyediakan fasilitas batu pijak di taman dengan tujuan untuk menerapkan etika lingkungan yaitu tidak menginjak rumput atau tanaman yang ada di taman, dan yang ke dua adalah untuk mendukung proses KBM maupun tidak dalam mengefisienkan waktu bagi seluruh warga masyarakat SMAN 11 Garut. 

     Ya, inilah salah satu upaya kecil yang telah dikontribusikan oleh sekolah kami terhadap lingkungan sekitar. Kami sangat berharap dengan adanya pengetahuan ini, bisa memotivasi  sobat semua untuk lebih maju dalam hal pemeliharaan dan penerapan etika terhadap lingkungan sekitar.

Salam :)

1 komentar: