Kamis, 07 April 2011

3R Watchword in SMAN 11 Garut

3R
     Pola berpikir tentang tanggung jawab setiap individual terhadap lingkungan, kini  masih terjadi perdebatan antara pemerintah dengan rakyatnya. Menurut kami, alangkah baiknya apabila kita sadar sendiri terhadap penjagaan lingkungan sekitar, dengan begitu pelaksanaan akan peduli lingkungan itu tidak memicu perdebatan lagi diantara pemerintah dengan rakytnya, selain itu apabila kita terus bergantung kepada pemerinah, mau sampai kapan kita akan sadar? Sedangkan tugas pemerintah itu tidak sedikit, jadi mulailah dari hati nurani masing- masing individu terlebih dahulu.
     
     Mungkin kalian semua sudah tidak asing lagi mendengar singkatan kata ini '3R', singkatan ini adalah singkatan dari tiga "R" yang mempunyai makna tersendiri, untuk "R" yang pertama adalah reuse, "R" yang kedua adalah reduce, dan "R" yang terakhir adalah recycle. Mungkin lebih pantas kalau sebutan 3R ini disebut sebagai salah satu semboyan bagi sekolah kami. Dalam pengaplikasiannya kami dibimbing oleh guru PLH dari setiap angkatan supaya kami bisa menerapkan kebiasaan 3R tersebut dimana saja. Untuk pemahaman yang lebih lanjut tentang 3R ini, maka tempat yang pantas untuk dikunjungi  adalah markas besar pengembangan diri PLH SMAN 11 Garut.

     Reuse atau pemakaian kembali berarti menggunakan kembali barang- barang yang masih layak untuk kita pakai. Dalam persoalan ini, kita dianjurkan untuk tidak langsung membuang barang-barang yang setidaknya masih bisa digunakan kembali. Sebagai  contoh, siswa SMAN 11 Garut membiasakan dirinya apabila membeli jajanan yang dibungkus oleh plastik, maka sampah plastik bekas jajanan tadi dibuang ke tempat sampah khusus untuk plastik atau biasa disebut anorganik.

     Reduce atau mengurangi, berati kita harus mengurangi atau menghemat barang- barang yang sulit diuraikan oleh mikroba yana ada di dalam tanah. Dalam artian, plastik itu adalah suatu barang yang terbuat dari suatu bahan tertentu dimana mikroba dalam tanah akan sulit untuk menguraikan bahan plastik tersebut. Akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menguraikan bahan plsatik itu.

     Recycle atau daur ulang adalah barang yang dapat didaur ulang kembali sehingga menaikan daya jual barang tersebut, maka gunakanlah barang- barang yang tertera lambang recycle-nya. Barang- barang seperti inilah yang sangat ramah lingkungan karena barang ini terbuat dari produk daur ulang. Barang- barang ini bisa dioptimumkan pemakaiannya, apabila sesudah massa pemakaiannya, barang ini di alokasikan ke tempat yang sesuai, seperti pengelompokan jenis sampah organik dan anorganik.

    Semoga bermanfaat bagi sobat semua yang sudah berpartisipasi dalam pengembangan blog kami ini.

3 komentar:

  1. suukaa,,ssuukkaa..tapi itu sayang,,gambar bunga yg paling atas..coba diperbesar,teruss,lebih full colour,,kan jd semangat bacanya juga..hehe

    okok,,thnx ya.

    BalasHapus
  2. ya... ayo kita galakan penyelamatan lingkungan dengan prinsip 3R (Reuse, Reduce, and Recycle)... ayo... semnagat...

    BalasHapus
  3. mudah-mudahan 3R ini bukan teori semata ya, diamalkan juga oleh kita semua :)

    BalasHapus