Jumat, 01 April 2011

Pentingnya Pendidikan Lingkungan

(sumber : dokumentasi penulis)

“Konservasi sumberdaya alam dan lingkunganhidup merupakan salah satu masalah global yang perlu mendapat perhatian serta penanganan secara serius dan berkelanjutan.Tidak dapat dipungkiri bahwa krisis lingkungan di Indonesia telah  mengakibatkan ancaman terhadap kelangsungan hidup penduduknya. Bencana banjir, tanah longsor, kekeringan, kebakaran hutan adalah contoh dampak krisis lingkungan tersebut. Perhatian kita terhadap bencana bencana tersebut masih belum optimal karena persepsi lingkungan yang benar pada sebagianmasyarakat Indonesia belum begitu tampak. Hal ini dapat disebabkan antara lain karena, rendahnya pemahaman masyarakat akan pentingnya penjagaan dan pelestarian lingkungan hidup dalam konteks pembangunan berkelanjutan.”
 Begitulah pemaparan yang diberikan oleh bu Rina, yaitu salah satu guru PLH dari SMAN 11 Garut. 

(sumber : dokumentasi penulis)
Untuk menciptakan dan mengembangkan model Sekolah Berbudaya Lingkungan (SBL), sekolah mempunyai peran yang sangat penting dalam rangka menumbuhkan, menerapkan dan mengembangkan kesadaran dan kepedulian warga sekolah tentang lingkungan hidup di sekitarnya. Betul, tidak ??

Nah, kalau kita berbuat sesuatu pasti ada yang ingin  kita capai, kan?? Sama halnya dengan sekolah kami yang menumbuhkan model SBL  ini, ada beberapa poin yang ingin dicapai oleh SMAN 11 Garut, diantaranya:

  1.   Mempertahankan SMAN NEGERI 11 GARUT sebagai salah satu pemenang lomba kebersihan ditingkat kabupaten tahun 2009 sebagai  juara 1 SEKOLAH BERBUDAYA LINGKUNGAN.
  2. Memberikan kesadaran dan kepedulian lingkungan sekolah sebagai wujud pencapaian tujuan pendidikan dan Lingkungan Hidup. 
  3. Memahami nilai- nilai Lingkungan Hidup.
  4. Menciptakan Lingkungan Sekolah yang nyata dan berkualitas, baik lingkungan fisik, ruang gerak dan interaksi sosial yang baik.
Secara umum nih ya,,,ada juga tujuan dari pengembangan Sekolah Berbudaya Lingkungan, yaitu  menyediakan media yang mampu mendukung dan berperan nyata. Dengan kata lain, dimana orang mau berbuat kebaikan terhadap lingkugan ditambah lagi dengan sarana dan prasarana yang memadai juga. Keren gak tuhh?? Pasti keren lah ya,,


( sumber : dokumentasi penulis)
Ruang lingkup dari SBL ini adalah menggagas Sistem Pendidikan Lingkungan yang berkelanjutan untuk menciptakan generasi hijau sebagai bagian dari Solusi Permasalahan  Lingkungan.

Budaya  Lingkungan Sekolah dalam wujud yang nyata adalah dengan  : Kebersihan Lingkungan Sekolah, Pemeliharaan Taman Sekolah, Keindahan, Keamanan dan Ketertiban di Lingkungan Sekolah.

Inilah beberapa kegiatan yang telah dilakukan sebagai bukti nyata bahwa SMAN 11 GARUT  sebagai SEKOLAH BERBUDAYA  LINGKUNGAN :

1.Pembuatan Taman Sekolah.
2. Penghijauan sekitar halaman sekolah dengan penenanam tanaman dalam pot.
3. Mengadakan Lomba Kebrsihan dan keindahan antar kelas  X, kelas XI, kelas XII.
4,Mengadakan JUMAT BERSIH (JUMSIH) yang melibatkan semua warga sekolah.

Kami berharap besar,  agar semua program yang telah direncanakan dapat berjalan sebagaimana mestinya. Semoga aja sistem SBL ini menjadikan sekolah kami benar- benar menjadi sekolah yang bisa menyandang nama green portal 11,,hehe, kayak nama blog kami,,dengan begitu SMAN 11 Garut bisa menjadi salah satu sarana bagi seluruh masyarakat sekolah untuk menuju bumi yang hijau, amien....

15 komentar:

  1. benar sangatt .. aq bru nyadar trnyata d lingkungan skolkah maupun di luar \'pun qt aktif ..
    hhee :)

    BalasHapus
  2. ya,, maju terus....
    chayo....
    kalau kita sudah peduli lingkungan dan bisa mengaplikasikannya pada kehidupan sehari-hari,, berarti kita sudah sangat peduli akan masa depan kita nantinya....

    BalasHapus
  3. yya amin,,,semoga ajj SMAN 11 Garut menjadi green portal bagi bumi ini,,hehehe,, :D

    BalasHapus
  4. NAH NECH AKU SETUJU BANGEEET, NECH BUKTI SEKOLAH BERIDEOLOGI LINGKUNGAN (SMAN 11 GARUT IS THE FIRST GREEN SCHOOL IN GARUT CITY)

    BalasHapus
  5. lanjutkan postingan ttg lingkungan hidupnya....
    biar yg ska baca blog jdi peduli lingkungan :D

    BalasHapus
  6. go.,,go..,,,go,,,greenportal11 kamu pasti bisa,,,

    BalasHapus
  7. SMAN 11 Garut is the best pisan!!!

    BalasHapus
  8. ayo peduli akan lingkungan.!!

    BalasHapus
  9. setuju pisan", go greenportal11

    BalasHapus
  10. aku sangat setuju kalau misalnya acara acra yang bisa membangun kita untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

    BalasHapus
  11. dunia paduli lingkungan, keren ,. bibit yang kecil bisa menjadi sesuatu yang besar

    BalasHapus
  12. postngannya, seru. jadi pengen sekolah disana
    hahaha tapi semoga aja acara seperti itu bisa diadain di sekolah aku, amin

    BalasHapus
  13. ya.... banyak kegiatan yang kita adakan untuk penyelamatan lingkungan,,, moga walaupun mungkin ada yang cuek-cuek aja... tapi masa kalau cuman diem malu kan... jadi yang cuek aja jadi ikut-ikutan deh hehe

    BalasHapus
  14. ayo semuanya kerja sama,,

    BalasHapus