Rabu, 06 April 2011

PERAN SANG PEMBIMBING

     Dalam mencapai tujuan menciptakan lingkungan hidup yang baik maka, ada bebrapa komponen yang harus dilibatkan dalam hal ini. Salah satunya adalah dari pihak pembimbing. Di bawah ini ada beberapa rumusan masalah yang harus dikembangkan agar dari pihak pembimbing dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan keadaan komponen biotik dan abiotik yang akan diteliti.
Rumusan masalah:
  •  Bagaimana cara yang paling alternatif untuk menumbuhkan rasa kepedulian  masyarakat sekolah  terhadap pentingnya lingkungan hidup disekitar  sekolah?
  •  Pengaplikasian atas segala pengetahuan yang telah diberikan?
  •  Berbagai manfaat yang bisa dirasakan setelah pengaplikasian ini terlaksana? 


( sumber: dokumentasi penuis)

     Oleh karena itu, ada beberapa point yang harus diterapkan maupun dilaksanakan oleh setiap pebimbing di SMAN 11 Garut, yaitu:

·        Mempertimbangkan lingkungan hidup sekitar sebagai suatu hal yang alami dan buatan.
·         Dilaksanakan secara rutinitas atau terus- menerus dari generasi ke generasi.
·        Penyelenggaraan tentang pendidikan lingkungan hidup ini haruslah semenarik mungkin agar  para peserta ynag terlibat bisa lebih tertarik untuk menekuni bidang ini.
·       Melakukan penelitian (terjun lapangan) untuk mengambil data dan hipotesis tentang lingkungan hidup tersebut.
·      Melakukan pendekatan terhadap situasi yang bisa memberikan hasil yang optimum bagi komponen biotik disekitar dengan pertimbangan yang persfektif.
·        Mengadakan kerjasama dengan komponen pendukung lainnya yang berada di luar atau di dalam daerah ruang lingkup.
·       Mempertimbangkan perkembangan dari segi teknologi dan pembangunan, sehingga kita dapat mengambil hipotesa yang akurat.
·       Memberikan kesempatan kepada peserta untuk mempunyai peran serta dalam merencanakan hasil belajar mereka serta memberikan mereka  sebuah keputusan, sehigga mereka mengerti akan tanggung jawab mereka selama ini terhadap lingkungan.
·      Memberikan suatu sistem kepada para peserta sehingga mereka dapat menggabungkan setiap aspek dalam hidupnya untuk peduli terhadap lingkungan.
·       Membantu peserta unutk menemukan permasalahan yang terjadi dari gejala- gejala yang timbul dari setiap permasalahan lingkungan sekitar.
·      Menekankan kepada peserta didik supaya mampu berpikir kritis untuk mengadapi setiap permasalahan lingkungan yang terjadi, sehinga mereka dapat menemukan jalan keluar dari setiap permasalahan tersebut
·      Memanfaatkan seoptimal mungkin keadaan pebelajaran yang dilaksanakan secara sigkat (praktis).

     Dengan mempelajari beberapa point diatas diharapkan seluruh pembimbing yang berada di SMAN 11 Garut, juga para pembimbing yang berada di luar SMAN 11 Garut bisa mengambil dan mencontoh beberapa point di atas sehingga bisa mengoptimumkan tugasnya dalm bidang lingkungan. 

     Itulah hasil wawancara kami kepada beberapa guru PLH yang mengajar di SMAN 11 Garut. Semoga ini dapat bermanfaat bagi kelangsugan bumi hijau kita.

3 komentar:

  1. ya... ayo cintai lingkungan,,, karena peran lingkungan sangat besar bagi kehidupan kita...

    BalasHapus
  2. hebaattt,, banget.. coba semua pembmbingnya kayak gitu semua, pasti bkalan tercapai tuh cita-cita buat green-nya,,amin

    BalasHapus