Sabtu, 09 April 2011

KIR "BIOKAT"


                Tidak hanya di ruanglingkup SMAN 11 Garut, sekolah kami juga sering mengadakan "green action" di luar lingkup sekolah walaupun secara tidak langsung berdampak bagi lingkungan. Misalnya saja, dalam kegiatan organisasi KIR ( Karya Ilmiah Remaja), pada tanggal 25 desember 2010 yang lalu, mereka ikut serta dalam Lomba Karya Ilmiah Populer (LKIP) tingkat nasional dalam acara Pesta Sains 2010 yang diselenggarakan oleh IPB di Bogor, Jawa Barat. 

Gempur dkk berfoto bersama finalis LKIP dari seluruh Indonesia (sumber: facebook Gempur)
     Objek penelitian dari tim KIR kali ini yaitu pemanfaatan biji alpukat (Persea americana mill), sebagai biointeksida thrips pada tanaman tameng ( Ficus microcarpa ). “Semakin menjadi- jadi masalah tentang hama dalam dunia yang modern ini dan penurunan efektivitas pestisida sintetis terhadap jenis hama tertentu, selain itu Thrips merupakan hama pada tanaman komersial, serta anggapan bahwa biji alpukat adalah limbah. Itulah yang menjadikan semangat kami ( angggota KIR ) bangkit kembali untuk melakukan suatu penelitian”. Begitulah kata yang diucapkan oleh saudara Gempur, yang menjadi salah satu peserta LKIP Pesta Sains di IPB, Bogor, Jawa Barat. Menurutnya juga, bahwa Ekstrak  Biji Alpukat berpotensi Sebagai Bioinsektisida Yang Efektif Dalam Membunuh Hama Thrips Pada Tanaman Kimeng (Ficus  microcarpa), dan  Bioinsektisida merupakan racun serangga yang berasal dari bahan-bahan yang terdapat di alam yang diekstrasi, diproses atau dibuat menjadi konsentrasi dengan tidak merubah struktur kimianya.

Buah alpukat ( sumber : dokumentasi anggota KIR )

Alpukat
Regnum                  : Plantae
Divisio                  : Magnoliophyta
Class                      : Magnoliopsida
Ordo                      : Laurales
Familia                 : Lauraceae
Genus                   : Persea
Species                 : Persea americanamil



Hewan Kimeng ( sumber : dokumentasi anggota KIR)

Kimeng
Species : Ficus microcarpa Kimeng
( Ficus microcarpa )
Klasifikasi
Regnum               : Plantae
Divisi                      : Magnoliophyta
Kelas                     : Magnoliopsida
Ordo                      : Urticales
Family                   : Moraceae
Genus                   : Ficus 

                Ini yang paling mengejutkan, dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Gempur dan kawan- kawan, diketahui bahwa ekstrak biji alpukat efektif membunuh Thrips sesuai konsentrasi yang dipakai, konsentrasi ekstrak biji Alpukat yang paling tinggi memiliki dampak yang lebih baik dalam membunuh Thrips dibandingkan dengan ekstrak biji Alpukat yang paling rendah konsentrasinya. 

Kegiatan yang dilakukan oleh sekolah kami ini sangat berdampak pada lingkungan, bahwasannya, apabila konsumsi alpukat bertambah didunia maka, kita tidak perlu khawatir lagi karena sudah ada alternatif untuk mengubah sampah dari biji alpukat tersebut menjadi bioinsektisida yang ramah lingkungan. 

                Ada beberapa saran yang ditekankan oleh peneliti kepada masyarakat, yaitu:
  • Menjadi salah satu alternatif dalam meminimalisir penggunaan insektisida yang berbahan dasar kmia
  • Masyarakat, para petani dan pecinta tanaman kimeng  (Ficus microcarpa)  dapat  antusias terhadap penggunaan bioinsektisida dan dapat dikembangkan dengan alat dan metode yang lebih menunjang.

Alhamdulilah karena kerja keras dari tim peneliti dar KIR ini, sekolah kami menjadi juara ke- 3 tingkat nasional. Dengan peraihan yang seperti itu, maka kami bisa membuktikan bahwa sekolah kami sangat peduli terhadap lingkungan disekolahmaupun di luar lingkup SMAN 11 Garut.


Foto bersama para Juara dan Panitia PS 2010 (sumber: dokumentasi Pak Jujun)


7 komentar:

  1. ayo... KIR juga bisa ikut membantu mengurangi dampak zat kimia dari insektisida buatan,,, ayo semangat ngepost ya sa....

    BalasHapus
  2. KIR hebat, sukses !

    BalasHapus
  3. sukses yaa tim KIR SMAN 11 Garut...

    BalasHapus
  4. SMA 11 sukses ya! moga juara terus :)

    BalasHapus
  5. juara tingkat nasional sangat membanggakan bagi sekolah, diri pribadi ,dan orang-orang dsekitar kita..

    BalasHapus